PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN MEMANFAATKAN E-LEARNING MADRASAH

MA Negeri 3 Tulungagung – Meskipun dalam Uji coba pelaksanaan pembelajaran Tatap Muka Terbatas sudah berlangsung selama 4 hari. Namun Hampir keseluruhan dalam proses pembelajaran masih tetap menggunakan E-Learning Madrasah Sebagai Pilihan pendamping untuk kegiatan Pembelajaran di MAN 3 Tulungagung.

Hal ini dilakukan dengan alasan E-Learning Madrasah yang dikeluarkan oleh Direktorat Kurukulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama yang sudah dapakai hampir 6 Bulan sejak di launching Bulan Maret 2020 kemarin sudah begitu memudahkan bagi Guru maupun Siswa dalam proses pembelajaran baik secara daring/PJJ maupun Tatap Muka secara langsung di Madrasah.

Fasilitas yang begitu lengkap yang diberikan oleh E-Learning Madrasah. Diantaranya :

Pertama, Kelas Online. Fitur kelas online berisi konten mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.

Kedua, Guru Berbagi. Fitur guru berbagi ini adalah platform yang akan menampung kreatifitas guru madrasah di seluruh Indonesia untuk saling berbagi informasi apapun yang bermanfaat. Guru hanya tinggal memposting informasi tersebut dalam kolom dengan mudah. Selain itu, siapapun dapat berkomentar dan memberi masukkan, bahkan menyukai postingan tersebut.

Ketiga, Forum Komunitas Madrasah. Dalam e–Learning Madrasah, siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan membuka forum diskusi karena di dalamnya terdapat media sosial untuk saling berkomunikasi antara guru dan siswa. User juga dapat saling berkomentar dan berbagi ide atau gagasan dalam fitur chat.

Dari sekian banyak fasilitas yang diberikan oleh Elerning madrasah tersebut yang menjadikan alasan bagi MAN 3 Tulungagung untuk tetap menggunakannya baik pembelajaran secara tatap Muka maupun Pembelajaran secara Daring. (Syaif)




Artikel Terkait

Facebook Comment