Pembukaan Porseni MA Tingkat Propinsi, 38 Kontingen Se Jatim Semarakkan Stadion Gelora Bangkalan

MAN 3 Tulungagung - Madrasah Aliyah negeri 3 Tulungagung yang tergabung dalam kontingen Porseni Tingkat MA kabupaten Tulungagung menjadi bagian dari 38 kontingen se Jatim yang ikut meriahkan pembukaan Porseni di Stadion Gelora Bangkalan,  Selasa pagi (5/11)

Pembukaan Porseni diawali dengan defile, satu persatu dari 38 kontingen porseni MA se Jawa Timur memasuki Stadion, panas matahari yang semakin terik tidak menjadi penghalang bagi peserta untuk segera masuk stadion. Iring-iringan  sebanyak 2022 atlit,  684 official termasuk maskot pengiringnya berjalan rapi menampilkan atraksi terbaiknya di depan panggung kehormatan.  Regu drumband mengawali defile diikuti oleh kontingen-kontingen dan diakhiri oleh defile tuan rumah MAN Bangkalan dengan menyertakan maskot kesenian tari dan sapi karapan. 

Protokol acara menyapa seluruh undangan dan kontingen selamat datang di bumi Dzikur dan sholawat kota Bangkalan. Acara ini dihadiri oleh Bupati Bangkalan RKH Abd. Latif Amin Imron, Dir kurikulum sarana kelembagaan dan kesiswaan (KSKK) Dr H A Umar, Plt Kepala Kantor Wilayah Kementian Agama Jawa Timur Moh.  Amin Mahfud, Kabid Penma,  Kepala kantor kemenag Bangkalan, Abd Harris M PdI, undangan Forkompimda Kab.  Bangkalan, kepala kantor Kemenag Kab/kota Sejatim,  Kasi Penma Se Jatim, Serta seluruh kontingen Porseni. 

Acara didahului dengan Persembahan Bangkalan untuk Jatim Bangkalan untuk Indonesia berupa Musik dan lagu etnik, tari kolosal yang dibawakan oleh 300 siswa MAN Bangkalan.  Tarian tersebut menggambatkan masyarakat Bangkalan yang religius dengan budaya karapan sapi dan pencak silat, selain itu juga membawakan lagu tandek majeng dan asmaul husna.  Usai pementasan acara rrsmi dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonedia Raya,  Hymne dan mars Madradah.

Sementara itu, Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur H. Moch. Amin Mahfud menjelaskan kompetisi yang berlangsung hingga dua hari kedepan ini merupakan wadah bagi peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang seni dan olah raga secara sportif guna meraih prestasi gemilang. Porseni MA yang mengambil tema “ menumbuhkan bakat yang positif, professional dan sportif peserta didik mewujudkan madrasah hebat bermartabat” Porseni akan mempertandingkan 7 cabang olah raga dan 9 cabang seni.

Raden Abdul Latif, menyampaija terima kasih atas terselenggaranya Porseni di Bangkalan sebagai ajang peningkatan SDM dibifang Olah raga dan seni.  Dia berharap seluruh peserta Porseni berkompetisi berupaya secara maksimal mengharumkan kabupaten kotanya masing-masing serta mengangkat citra madrasah

Ahmad Umar menyampaikan dua pesan sebelum membuka porseni secara resmi,  yang pertama di tahun 2035 mendatang, Indonesia akan menghadapi bonus demografi menuju Indonesia emas. “anak-anakku sekarang ini yang sedang menjadi siswa, nanti akan menjadi pemimpin di masa mendatang,” jelasnya. 

Oleh karenanya, ia meminta siswa madrasah memiliki kekuatan science dan tehnologi serta kekuatan kepribadian dan jasmani, sebagai pesan keduanya.  (Syaif)




Artikel Terkait

Facebook Comment