PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1431 H

MAN 3 Tulungagung – Maulid Nabi atau Maulud adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. Kata Maulid atau Milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Madrasah Aliyah negeri 3 Tulungagung dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 15 November 2019 di masjid At Tauhid YPI PSM Tanen. Dalam Pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1431 H ini MAN 3 Tulungagung menggandeng seluruh Lembaga Pendidikan yang ada di YPI PSM Tanen, yaitu MI PSM Tanen, SDI Tanen, MTs PSM Tanen, SMPI Tanen.

Kegiatan ini diisi dengan ceramah Keagamaan yang disampaikan oleh Bapak KH Nasyihudin dari Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in (PPHM) NGunut Tulungagung. Dalam Tausiyahnya beliau menyampaikan bahwa kita sebaai Umat Islam dan sebagai seorang Santri Madrasah harus mengikuti jejak san Rasul dalam mensyiarkan Agama Islam, beliau dengan gigih dan penuh semangat untuk membimbing manusia demi perubahan yang lebih baik. Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang paling mulia diantara nabi-nabi yang lain. Karena kemuliaan beliau, sampai saat ini seluruh umat Islam di dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Beliau juga menceritakan sejarah kelahiran nabi Muhammad, dimana ibunya yang bernama Siti Aminah dalam keadaan setengah tidur setengah bangun ia bermimpi didatangi seseorang yang tidak dikenal lalu berkata “Wahai Aminah, sesungguhnya anda akan melahirkan seseorang yangakan memimpin umat manusia yang ada di Bumi ini”. Berkat kelahiran Nabi Muhammad SAW pamannya yang bernama Abu Lahab memerdekakan budak sebagai rasa bangga mempunyai ponakan laki-laki.

Setelah Nabi Muhammad SAW tumbuh besar dia benar benar menjaga dan menyebarkan agama Islam. Keadaan Mekkah yang awalnya jahiliyah beliau mampu merubah semuanya menjadi lebih baik hanya dalam kurun waktu 22 hari 2 bulan 22 hari. Anak anak nabi Muhammad SAW banyak yang sudah wafat pada waktu kecil, itu membuktikan bahwa Allah SWT sangat mencintai dan ingin menjaga kesucian Nabi Muhammad SAW. (Syaif)




Artikel Terkait

Facebook Comment