SHOLAWAT ASYGHIL MENGGEMA DI MAN 3 TULUNGAGUNG

MA Negeri 3 Tulungagung – Terik Panas Matahari yang mulai menyengat tak membuat semangat para Santri Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung dalam mengikuti kegiatan tausiyah Senin Pagi. Kegiatan Tausiyah ini dilaksanakan di Halaman MAN 3 Tulungagung Pada Hari Senin Tanggal 05 Agustus 2019 mulai pukul 07.00 s/d 07.45 WIB.

Sebelum tausiyah dimulai secara serentak dan penuh lantang dilantukan Sholawat Asyghil. Sholawat ini bertujuan untuk menghindarkan kita dari golongan orang-orang yang dzalim dan supaya orang-orang yang dzalim tersebut supaya dikumpulkan dengan orang yang dzlami lainnya.

Adapun yang memberikan Tausiyah pada pagi ini adalah Bapak kyai Munib dari Desa Banjarejo Kec. Rejotangan. Intisari yang dapat kita petik dari tausiyah yang beliau sampaikan adalah bahwa kita sebagai seorang Peserta didik harus betul-betul mengamalkan Kitab Ta’limul Muta’alim.

Sebagai seorang muslim merupakan sebuah kewajiban dalam menuntut ilmu. Untuk itu dalam menuntut ilmu kita harus mempunyai bekal-bekal dalam menuntut ilmu biar kelak kita nanti sukses dalam pencariannya. Hal pertama yang harus dimiliki dan dilakukan oleh Pencari Ilmu adalah niat, niat yang sungguh-sungguh.

Beliau mengutip dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim, niat mencari ilmu khususnya ilmu agama setidaknya mencakup hal-hal berikut: Niat mengharapkan Ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala, untuk menggapai kebahagiaan akhirat, membasmi kebodohan bagi dirinya dan kebodohan orang-orang disekitarnya, menghidupkan agama, dan untuk menjaga keberlangsungan (kekekalan) agama. (Syaif)




Artikel Terkait

Facebook Comment