Sosialisasi Asesmen nasional Berbasis Komputer (ANBK)

MAN 3 Tulungagung – Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua Peserta Didik untuk mampu mengembangkan diri. “Ada dua kompetensi mendasar yang diukur dari AKM yaitu literasi dan numerasi” tutur Ibu Machsusiyah, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung.

Untuk persiapan dalam penerapan AKM bagi siswa , Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung menyelenggarakan Kegiatan sosialisasi AKM kepada 50 Siswa  Sampling dari Pelaksanaan AKM. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai isi dan bentuk soal AKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 18 Agustus 2021 di aula MAN 3 Tulungagung dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Syaiful Rohman sebaai Koordinator Proktor di MAN 3 Tulungagung menyampaikan Hal Teknis dari Pelaksanaan ANBK/AKM. Mungkin nama ANBK itu masih asing didengarkan. Yang menjadi perbedaan antara AKM dan ANBK adalah Bahwa AKM Itu diberikan Kepada Siswa, Sedangkan ANBK itu diberikan kepada Lembaga penyelenggara Pendidikan.

Yang menjadi perbedaan mendasar antara UNBK dan ANBK adalah di sisi peserta dan Juga bentuk soal. Kalau Unbk yang menjadi peserta adalah selurh siswa kelas Akhir, sedangkan di  ANBK yang menjadi peserta untuk tingkat MA adalah 45 peserta Utama dan 5 Pesrta Cadangan. Yang mana 50 peserta tersebut diambil secara acak dan otomatis yang ditentukan oleh Pusat (Pusmenjar) by sistem. (Syaif)




Artikel Terkait

Facebook Comment