SOSIALISASI PUBLIC SAFETY CENTER(PSC) RSUD Dr. ISKAK TULUNGAGUNG

MAN 3 Tulungagung - Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu atau Public Safety Center (PSC) 119 adalah pusat pelayanan yang membantu masyarakat dalam hal penanganan keadaan yang berhubungan dengan kegawatdaruratan. PSC, merupakan ujung tombak pelayanan untuk mendapatkan respon cepat dan tepat pada suatu insiden. Untuk memaksimalkan pelayanan tersebut maka semua sektor terkait dalam penanganan kegawatdaruratan harus dilibatkan secara terpadu.

Berkaitan hal tersebut, PSC 119 Kabupaten Tulungagung menggelar Sosialisasi Public Safety Center di Aula Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung, Rabu (28/08/2019). Sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Madrasah, Drs. Khoirul Huda, M.Ag dan diikuti oleh perwakilan Kelas masing-masing 5 siswa dan seluruh anggota PMR. Didalam PSC diciptakan sebuah sistem khusus dengan tujuan sebagai pusat pelayanan keselamatan masyarakat terpadu.

Dalam sosialisasi ini dibagi dalam 3 sesi materi, yaitu :

  1. Pengenalan Public Safety Center (PSC) yang disampaikan oleh Dr. Rafi
  2. HIV/AIDS (penyimpangan Perilaku) yang disampaikan oleh Dr. Sekar
  3. Bantuan Hidup Dasar yang disampaikan oleh Dr. Agustus

Dengan diberikannya materi melalui PSC ini, diharapkan jika menemukan kondisi gawat darurat, masyarakat setidaknya mampu memberikan pertolongan awal sebelum ada pertolongan dari petugas kesehatan.

Dimulai dari penjelasan tentang PSC. Salah satu tujuannya yakni meningkatkan akses dan mutu layanan gawat darurat dengan mempercepat waktu penanganan dalam memberikan pertolongan pertama atas kasus gawat darurat di masyarakat, sampai tuntas. Baik gawat darurat medis maupun nonmedis.

Selanjutnya, penjelasan tentang penyelenggaraan PSC yang melibatkan fasilitas kesehatan maupun fasilitas pelayanan nonkesehatan. Disampaikan juga tentang sistem komunikasi gawat darurat maupun fungsinya. Kemudian tentang ketenagaan dan sarana prasarana fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Tulungagung. Sampai akhirnya berujung pada manfaat yang ingin didapatkan dari berbagai terobosan PSC Tulungagung. (Syaif)




Artikel Terkait

Facebook Comment