TES IQ CALON PESERTA DIDIK BARU

Tulungagung Jatim (MAN 3) Dunia pendidikan sebagai wahana untuk mencetak manusia yang
berkualitas harus dapat meletakkan dasar-dasar tentang arti kehidupan sejak dini untuk kepentingan anak didik. Tidak cukup hanya mengandalkan intuisi, kebiasaan mengajar saja tetapi perlu didukung daya yang objektif tentang kondisi psikologi anak didiknya. Bertempat di Madrasah Aliyah negeri 3 Tulungagung diadakan tes Intelegensi/ IQ, Pelaksanaan test ini dengan cara menggandeng Lembaga perguruan Tinggi Negeri yang telah dipercaya sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara tes Psikologi..

Siswa MAN 3 Tulungagung tampak serius menjawab soal-soal yang diberikan oleh tim dari Universitas Negeri Malang yang sudah menjadi mitra Kerja MAN 3 Tulungagung dyang tertuang dalam MOU.

Tes IQ adalah tes untuk mengukur tingkat kecerdasan seorang siswa dan juga untuk mengetahui daya nalar, kemampuan berfikir secara umum dan kritis dehingga dapat diketahui kesulitan/kelemahan belajar. Selain itu pula tes IQ sebagai penentuan bakat dasar dan penjurusan kemampuan seseorang yang dikuasainya serta sebagai bahan penyaringan untuk bisa masuk ke program Cerdas Istimewa dan bakat Istimewa atau yang biasa disebut dengan Program Pembelajaran secara Akselerasi atau program percepatan.

Kepala Madrasah menyampaikan sangat apresiasi dengan program tes IQ ini sehingga dengan tes ini salah satu cara untuk mengukur daya nalar siswa, potensi dasar dan kemampuan berfikir kritis sehingga tes tersebut dapat dijadikan acuan untuk pengaturan kelas, kelompok belajar skala prioritas dan bimbingan sesuai dengan minat siswa serta sebagai syarat untuk masuk ke Program Akselerasi, terang Slamet Riyadi. (Syaif)




Artikel Terkait

Facebook Comment