Pembukaan Pondok Romadhon 1443 H

MAN 3 Tulungagung – Dihari Kedua pelaksanaan puasa Romadhan 1443 H ini Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Pondok Romadhlon. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur tentang pelaksanaan kegiatan Pondok Romadhon Tahun Ajaran 2021/2022.

Dalam Surat Edaran tersebut ditegaskan bahwa setiap Madrasah mengadakan Kegiatan Penguatan Tafaqqul Fiddin melalui Gerakan Furudhul ainiyah dan Literasi melalui pembelajaran Sirah Nabawiyah dengan tema “RAMADHAN MENGUATKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI MUSLIM RAHMATAN LIL ALAMIN DAN MEMBANGUN KEBERSAMAAN MENUJU MADRASAH YANG HEBAT BERMARTABAT, MANDIRI BERPRESTASI”.

Di MAN 3 Tulungagung dijadwalkan Pelaksanaan Pondok Romadhon 1443 H akan berlangsung selama 6 hari yang dimulai dari Hari Senin 04 April sampai dengan 09 April 2022 Dengan Moda Luring/tatap muka dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang diikuti oleh seluruh Siswa/Siswi MAN 3 Tulungagung Mulai dari Kelas X, XI dan XII yang terbagi dalam 5 Kelompok, yaitu 1. Kelas Makkah, 2. Kelas Madinah, 3. Kelas Tho’if, 4. Kelas Jeddah, 5. Kelas Riyadh yang mana dari Kelima Kelas Tersebut merupakan Gabungan dari berbagai Kelas.

Kegiatan Pondok Romadhon 1443 H di MAN 3 Tulungagung ini di dibuka secara langsung oleh Bapak kepala madrasah melalui Apel Pembukaan. Dalam Amanatnya beliau menyampaikan bahwa kegiatan Pondok Romadhon di MAN 3 Tulungagung ini diharapkan seluruh peserta menyambutnya dengan senang hati dan tidak ada unsur keterpaksaan.

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa Bulan Romadhon itu berbeda dengan bulan-bulan yang lain, yang pertama isilah kegiatan di Bulan Romadhon dengan tadarus Alqur’an, kedua menjaga Lisan, ketiga untuk senantiasa berbuat baik dan menebarkan kebaikan di sekitar kita.

Adapun materi pokok dalam Kegiatan Pondok Romadhon 1443 H di MAN 3 Tulungagung yaitu : Tadarus Al-Qur’an, Fiqih Ibadah (Thoharoh, Sholat, Puasa dan Zakat ) dan kajian islam Moderasi Beragama (Islam Rohmatan Lilalamin). (Syaif)

 




Artikel Terkait

Facebook Comment