Standar Operasional Prosedur


Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) MAN 3 Tulungagung

Latar Belakang

Reformasi ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola pemerintahan yang baik yang mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparasi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik. Ditambah lagi dengan adanya modernisasi teknologi informasi dan komunikasi memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat. Dengan keadaan tersebut, pemerintah dituntut untuk membuka diri kepada masyarakat untuk  memberikan informasiinformasi dan kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses darimana saja. Dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka pemerintah diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat. Terkait dengan itu, MAN 3 Tulungagung menetapkan Standar Operasional Prosedur layanan informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik.

Dasar Hukum

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
  2. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2017 tentang standar pelayanan pada Kementerian Agama

Maksud dan Tujuan

Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Informasi Publik ini sebagai acuan mengenai ruang lingkup, tanggungjawab dan wewenang MAN 3 Tulungagung dalam penyediaan informasi melalui mekanisme pelaksanaan kegiatan Pelayanan Informasi Publik

Standar Operasional Prosedur (SOP) ini bertujuan untuk ;

  1. Mendorong terwujudnya implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi dengan baik.
  2. Memberikan standar MAN 3 Tulungagung dalam melaksanakan Pelayanan Informasi Publik.
  3. Meningkatkan pelayanan informasi publik dilingkungan MAN 3 Tulungagung.

Maklumat Pelayanan

  1. Siap melayani dengan SMART (Senyum, Mudah, Amanah, Ramah dan Transparan) sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan
  2. Berorientasi pada kepuasan pengguna layanan
  3. Berpegang teguh pada Standar Operasional Prosedur (SOP)
  4. Apabila tidak melaksanakan maklumat pelayanan, kami siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku

Desk Layanan Informasi Publik

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, MAN 3 Tulungagung memberikan layanan langsung melalui desk layanan informasi publik di Kantor MAN 3 Tulungagung Jl. Supriyadi Ds. Tanen Kec. Rejotangan Kab. Tulungagung. Selain itu MAN 3 Tulungagung juga memberikan layanan tidak langsung melalui media antara lain

  • Telepon (0355) 371113
  • Fax. (0355) 5236540
  • Email : man3tulungagung@gmail.com